"Karena Cerita adalah bagian dari kehidupan, begitu juga waktu merupakan bagian dari kehidupan yang tidak bisa di ulang. Jadi Hargai waktu mu dan tulis ceritamu"

Budaya Indonesia Antu Bubu - Dari Belitung

Antu Bubu adalah permainan menggunakan ilmu hitam dengan peralatan bubu yang diisi roh halus.



Bubu adalah alat penangkap ikan, dibuat dari bilah bambu yang disatukan dengan anyaman tali hingga berbentuk silinder berdiameter 30 sentimeter. Panjang bubu beragam, ada yang 50 sentimeter, ada pula yang hingga 2 meter.



Untuk permainan Antu Bubu, bubu dipasangi “kepala” dari batok kelapa, lantas diselimuti kain kafan, baru kemudian ujung atas kafan diikat. Seorang pawang membaca mantera sambil menaburkan kemenyan ke atas pedupaan, mengasapkannya ke sekeliling bubu untuk meminta roh masuk ke dalam bubu.




Begitu pawang memberi isyarat permainan dapat dimulai, lawan yang sudah siap dengan bertelanjang dada/ bersinglet mulai melawan bubu yang sudah berpenghuni ini.Cara bermainnya adalah dengan menghancurkan bubu tersebut, jika bubu hancur maka permainan selesai, Antu bubu biasanya dimainkan oleh 2 orang atau lebih, tergantung siapa yang bisa cepat menghancurkan antu bubu
tersebut.







Cerita Salah seorang Pawang permainan Antu Bubu tentang asal muasal permainan ini, yaitu di tahun 1970, seseorang meletakkan bubu di sungai. Setelah sepekan, dia datang lagi untuk menengok berapa ikan yang berhasil masuk perangkap bubu. Sampai di sungai, laki-laki ini mati tanpa sebab, dan rohnya jadi penghuni bubu, karena itu disebut antu bubu (hantu bubu).
Mulai tahun 1971, kakeknya menjadikan Antu Bubu sebuah tontonan.Karena menggunakan ilmu hitam, beragam syarat harus dipenuhi untuk memainkan Antu Bubu. Untuk menyebut beberapa, Pawang harus berpuasa mutih selama 21 hari, bambu untuk bubu hanya boleh diambil dari bambu yang terdampar di pantai dengan posisi tidak sejajar dengan garis pantai, dan harus menggunakan kafan bekas alas jenazah.

“Kalau pakai kafan baru, masih di rumah saja, belum dibawa ke tempat pertunjukan, dia sudah bergerak-gerak (Antu Bubu),” kata Pawang tersebut, usai permainan.

Untuk melihat video atraksi bubu bisa buka Link ini >> https://www.instagram.com/p/8TJHlZPeMQ/


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran sangat membantu

All about this Blog

I want to share about destination, story of my life, articel, tips, kuliner, korean, and many more.. i hope can help you with my blog :)

Postingan Populer

Label

Recent Posts

About Sophie

  • I was born and live in Jakarta, Indonesia.
  • who like traveling,watching movie or drama, writing and many more.
  • I ever been live in Madura and working as Guide.
  • Interest about Tips, Cullinary, Traveling, Make up, fashion and Korean language

Gallery

Contact Person

Any Question or wanna give information about trveling, Tips etc you can DM me!! enjoy your day ^^.